Demokrat Tolak Buka Keuangan Partai

Demokrat Tolak Buka Keuangan Partai
Demokrat Tolak Buka Keuangan Partai
JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengungkapkan dari sembilan partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2009, hanya Partai Demokrat yang menolak memberikan laporan keuangannya secara transparan kepada publik.

Peneliti Hukum pada Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Donal Fariz mengatakan, untuk PKS, PPP, PKB, PAN, PDIP dan Golkar meberikan laporan keuangannya. Tapi cuma tiga yang mengakui mendapat sumbangan dari pihak ketiga.

"Mulanya dari 9 parpol yang kami minta laporan keuangannya melalui surat resmi, tak satupun yang menanggapi permintaan kami untuk melakukan transparansi anggaran parpol itu," kata Donal dalam diskusi dengan tema 'Rapor Merah Laporan Keuangan Parpol,' di Kantor ICW, Jakarta, Selasa (21/5).

ICW kemudian menggugat sembilan parpol itu melalui Komisi Informasi Pusat (KIP). Pada tahap mediasi PKS dan PKB memberikan semua laporan keuangannya termasuk pemasukan anggaran yang bersumber dari APBN dan APBD, serta pihak ketiga. Tapi PDIP dan Golkar hanya melaporkan keuangan partai dari APBN saja.

JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengungkapkan dari sembilan partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2009, hanya Partai Demokrat yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News