Dengan CAT, Tes CPNS Dijamin Kurangi Kecurangan

Dengan CAT, Tes CPNS Dijamin Kurangi Kecurangan
Dengan CAT, Tes CPNS Dijamin Kurangi Kecurangan

jpnn.com - JAKARTA - Tim Pengawas Rekrutmen CPNS dari unsur masyarakat, Jimono menyatakan, tes CPNS dengan menggunakan sistem komputerisasi atau CAT (Computer Assisted Test) tidak bisa dicurangi. Pasalnya, pelaksanaannya terpusat di sistem CAT.

"Secara umum tes ini prosesnya tidak bisa dicurangi karena terpusat di sistem CAT. Kemudian bisa langsung dilihat hasilnya. Ruangan tes cukup steril dari sesuatu yang bisa mengganggu pelaksanaan tes," kata Jimono saat konferensi pers di ICW, Jakarta, Sabtu (2/11).

Menurut Jimono, pelaksanaan tes dengan sistem CAT amat berbeda jika dibandingkan tes dilakukan dengan menggunakan lembar jawaban kerja (LJK). "LJK discan di Panselnas. Di situ peluang terjadi kecurangan dengan mengubah jawaban sangat memungkinkan kalau LJK. Kalau komputer cukup steril," ujarnya.

Namun, Jimono tidak memungkiri masih ada kekurangan dalam pelaksanaan tes dengan menggunakan sistem CAT. "Misalnya terjadi error pada jaringan. Tapi untungnya ini cepat diantisipasi," kata Jimono.

Masalah lainnya, lanjut dia, mengenai nilai ambang batas (passing grade) untuk kementerian atau lembaga yang mengadakan tes. Jimono menuturkan, peserta tidak mengetahui passing gradenya.

"Ini saya kira jadi pertanyaan. Ini saya kira kekurangan mestinya kementerian menentukan passing gradenya," kata Jimono.

Sementara itu, Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW, Nida Zidny Paradhisa mengapresiasi penggunaan sistem CAT dalam test CPNS. Ia menyebut hal itu sebagai sebuah revolusi. "Kami sebut langkah revolusioner karena sistematis," kata Nida. (gil/jpnn)

JAKARTA - Tim Pengawas Rekrutmen CPNS dari unsur masyarakat, Jimono menyatakan, tes CPNS dengan menggunakan sistem komputerisasi atau CAT (Computer


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News