Densus 88 Membawa 22 Terduga Teroris Jaringan JI ke Jakarta

Densus 88 Membawa 22 Terduga Teroris Jaringan JI ke Jakarta
Foto: Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Rusdi Hartono. Foto: Dok Divhumas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri membawa 22 terduga teroris yang diamankan di Jawa Timur ke Jakarta.

Terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) itu sudah tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (18/3) siang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat (Karopenmas Divhumas) Mabes Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Rusdi Hartono menjelaskan 22 terduga teroris itu sebelumnya ditangkap Densus 88 pada waktu dan lokasi berbeda antara lain Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Malang, dan Bojonegoro.

"Mulai 26 Februari sampai 2 Maret 2021, Tim Densus 88 Antiteror telah melakukan penegakan hukum terhadap 22 tersangka pelaku tindak pidana terorisme di Jawa Timur," kata Rusdi kepada wartawan, Kamis (18/3).

Jenderal bintang satu ini menuturkan, Densus 88 Antiteror juga menyita sejumlah senjata tajam dalam penangkapan para terduga teroris tersebut.

Barang-barang yang disita di antaranya puluhan butir peluru, satu pistol rakitan jenis FN, pisau, dan busur panah.

"Kemudian mengamankan berbagai macam buku yang mayoritas berisi tentang jihad," ujar dia.

Rusdi menuturkan para terduga teroris itu telah melakukan berbagai aktivitas berupa latihan bela diri.

Densus 88 Antiteror membawa 22 terduga teroris yang sebelumnya diamankan di sejumlah lokasi di Jawa Timur, ke Jakarta, untuk proses hukum lebih lanjut. Para terduga teroris ini diduga telah merencanakan aksi terorisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News