Dentuman Meriam Sambut Kedatangan Tun Mahathir ke Istana

Dentuman Meriam Sambut Kedatangan Tun Mahathir ke Istana
Presiden Jokowi bersama PM Malaysia Mahathir Mohamad saat berjalan menuju lokasi penanaman pohon di halaman belakang Istana Bogor, Jumat (29/6). Foto: M Fathra NI

jpnn.com, BOGOR - Dentuman meriam menyambut kedatangan Perdana Menteri Malaysia Tun DR Mahathir bin Mohamad di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018).

Kedatangan Mahathir bersama istrinya, Siti Hasmah Mohamad Ali ‎tiba disambut dalam upacara kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana. Mereka tiba di halaman Istana Bogor sekitar Pukul 10.00 WIB.

Begitu tiba di teras depan Istana Bogor, keduanya terlebih dahulu mendengarkan lagu kebangsaan dua negara, kemudian masuk ke dalam untuk menanda tangani buku tamu.

Sebelum melakukan penanaman pohon jeni Meranti, Jokowi dan Mahathir sempat berbincang-bincang di beranda belakang Istana (veranda talk), didampingi istri masing-masing.

Sebelum salat Jumat, keduanya melakukan pertemuan bilateral untuk membahas sejumlah isu penting menyangkut Indonesia-Malaysia.

Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi mengatakan agenda kunjungan Mahathir ke Indonesia dalam rangka perkenalannya sebagai PM Malaysia yang baru.

"Dan Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang dikunjungi oleh beliau. Bapak Presiden menjemput di Bandara Halim," ucap Retno di Istana Bogor, kemarin.

Meskipun kunjungan perkenalan, tambah Retno, kedua pemimpin negara bertetangga akan membahas mengenai perkuatan hubungan kedua negara baik dari sisi ekonomi, maupun sosial dan budaya.(fat/jpnn)


Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang dikunjungi oleh Perdana Menteri Malaysia Tun DR. Mahathir Mohamad setelah dilantik.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News