Depdiknas Luncurkan Toko Buku Mobil

Sediakan Buku Pelajaran Murah

Depdiknas Luncurkan Toko Buku Mobil
Depdiknas Luncurkan Toko Buku Mobil
JAKARTA - Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) terus membuat terobosan. Setelah meluncurkan buku pelajaran online, yang hingga kini masih terus dipertanyakan efektifitasnya, kini Depdiknas kembali meluncurkan 'Toko Buku Mobil' ke seluruh Indonesia. Proyek ini, bertujuan untuk memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan buku murah.''Sepanjang tahun 2009 ini, kami akan meluncurkan 1000 toko buku mobil, dengan tujuan untuk mencerdaskan anak didik,'' kata Mendiknas Bambang Sudibyo di sela-sela peluncuran toko buku mobil di Pusdiklat Depdiknas, Sawangan, Bogor Jawa Barat, Senin (23/2).

Menurut Bambang Sudibyo, Toko Buku Mobil ini akan beroperasi di tingkat kabupaten/kota. Di toko buku ini, akan difokuskan buku murah dengan harga minimal Rp. 4 425/ eksemplar. ''Dengan peluncuran toko buku murah ini, diharapkan akan menghapus monopoli penerbit seperti yang terjadi selama ini. Karena selain menyediakan buku murah, toko buku ini juga dapat mengatasi kendala distribusi buku yang juga tidak merata,'' ujarnya.

Untuk memiliki toko buku mobil, modal yang harus disediakan sekitar Rp240 juta, dengan rincian Rp180 juta untuk pembelian mobil dan Rp60 juta untuk penyediaan buku dan produk media lainnya.Secara terpisah, Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Setia Dharma Majid mengatakan, saat ini sebanyak 70 toko buku mobil siap beroperasi. Diantaranya di Sumbar dan DKI Jakarta. (aj/jpnn)

JAKARTA - Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) terus membuat terobosan. Setelah meluncurkan buku pelajaran online, yang hingga kini masih terus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News