Depnakertrans Target Serap 2,6 Juta Pengangguran

Depnakertrans Target Serap 2,6 Juta Pengangguran
Depnakertrans Target Serap 2,6 Juta Pengangguran
JAKARTA – Meski dibayangi ancaman pemutusan hubungan kerja masal, pemerintah menargetkan tahun ini mampu mengentas 2,6 juta pengangguran. Dari jumlah tersebut, sekitar 600 ribu merupakan penempatan pekerja migran, sementara dua juta di antaranya diserap melalui penciptaan lapangan kerja di dalam negeri.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Soeparno mengatakan, pertumbuhan ekonomi memang diproyeksikan melambat ke kisaran 4,5 persen. Namun, sejumlah stimulus fiskal dan moneter yang didanai APBN 2009 diyakini mampu menciptakan pertumbuhan lapangan kerja di dalam negeri. ”Pemerintah yakin penyerapan tenaga kerja tahun ini akan lebih besar dibanding realisasi 2008 yang mencapai 2,2 juta jiwa,” katanya di Jakarta, Selasa (6/1).

Untuk mencapai target tersebut, Depnakertrans akan memberdayakan alokasi anggaran APBN dan APBN Perubahan 2009 senilai Rp 3,2 triliun guna penciptaan lapangan kerja. Dia mencontohkan, alokasi anggaran di APBN Perubahan 2008 Rp 109 miliar yang digunakan untuk pelatihan 40 ribu pencari kerja di balai-balai latihan kerja.

Selain itu, Depnakertrans mengalokasikan dana Rp 230 miliar untuk program padat karya yang mencakup 110 ribu tenaga kerja. Dengan dana Rp 30 miliar, pemerintah juga akan memfasilitasi bursa tenaga kerja dan penelitian bidang ketenagakerjaan.

JAKARTA – Meski dibayangi ancaman pemutusan hubungan kerja masal, pemerintah menargetkan tahun ini mampu mengentas 2,6 juta pengangguran. Dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News