Radar AS Mulai Aktif Pantau Selat Malaka

Radar AS Mulai Aktif Pantau Selat Malaka
Radar AS Mulai Aktif Pantau Selat Malaka
JAKARTA – Keamanan Selat Malaka semakin terjaga. Jalur utama kapal-kapal dagang dari Tiongkok itu kini diawasi radar baru dari Amerika Serikat. Sebanyak 12 radar pengawas pantai (coastal radar) yang dibangun di sepanjang Selat Malaka mulai dioperasikan.

Kepala Staf TNI-AL (KSAL) Laksamana Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, pembangunan radar sudah selesai Desember 2008. Radar itu juga telah beroperasi di lokasi masing-masing. ”Tinggal menunggu proses integrasi, secepatnya,” kata Tedjo di Jakarta, Selasa (06/1).

KSAL menjelaskan, proses integrasi masih berjalan karena masing-masing radar memiliki karakteristik dan kemampuan masing-masing. ”Jika sudah terintegrasi, radar akan terpusat di Batam,” katanya.

Tedjo menjamin, pengawasan di selat terpadat di dunia itu akan semakin mudah. ”Kejahatan yang terjadi dapat semakin ditekan,” katanya. Dari 12 radar itu, delapan radar sumbangan Amerika Serikat. Empat radar sisanya dibeli menggunakan dana APBN senilai Rp 40 miliar.

JAKARTA – Keamanan Selat Malaka semakin terjaga. Jalur utama kapal-kapal dagang dari Tiongkok itu kini diawasi radar baru dari Amerika Serikat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News