Depok Pilih Gabung DKI Jakarta Ketimbang Provinsi Bogor Raya

Depok Pilih Gabung DKI Jakarta Ketimbang Provinsi Bogor Raya
Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad. Foto: istimewa

jpnn.com, DEPOK - Wali Kota Depok Mohammad Idris menegaskan sikapnya tidak tertarik bergabung dalam calon Provinsi Bogor Raya yang ingin pisah dari Jabar.

Mohammad Idris menyatakan lebih memilih bergabung dengan DKI Jakarta dibandingkan dengan calon Provinsi Bogor Raya.

"Kalau saya melihat dari sisi mana. Kalau anda bertanya sisi bahasa, saya lebih milih bahasa Jakarta," kata Idris usai membuka Kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Politik Bagi pemilih Pemula di Depok, Selasa (20/8).

Idris mengaku tidak mengerti bahasa Sunda. “Misalnya dari sisi budaya sebenarnya budaya ini kan tidak dibatasi dengan kewilayahan geografis. Budaya ini bisa persamaan bahasa maupun persamaan adat istiadat.”

Idris menilai Jakarta lebih banyak kesamaan dengan Depok dari sisi sejarah budaya. Dari sisi kebudayaan, Depok menurutnya memiliki kedekatan dengan Jakarta. Sehingga budaya pun lebih cenderung mirip dengan Jakarta.

Lebih lanjut ia mengatakan sudah ada kerja sama yang dijalin antara Kota Depok dengan DKI Jakarta. Salah satunya pembentukan Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) se-Jabodetabek untuk mengatasi kepentingan wilayah otonomi.

BACA JUGA: Pernyataan Wapres Jusuf Kalla Kasus Video Ustaz Abdul Somad

Dikatakannya untuk menyiasati kebutuhan wilayah tetangga yang memang sangat dibutuhkan, yang paling terkait menekankan tiga hal (yaitu) sanitasi air bersih, udara, dan sampah.

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan memilih bergabung dengan DKI Jakarta daripada Provinsi Bogor Raya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News