Deretan Homestay dan Hotel Unik Untuk Liburan di Banyuwangi

Deretan Homestay dan Hotel Unik Untuk Liburan di Banyuwangi
Suasana di salah satu penginapan di Banyuwangi. Foto-foto: istimewa - source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Penunjang pariwisata di Kabupaten Banyuwangi makin tumbuh. Salah satunya adalah fasilitas penginapan yang keren. Daerah dengan julukan The Sunrise of Java yang baru saja ditetapkan sebagai kawasan taman bumi (geological park/geopark) nasional itu kini mempunyai beragam homestay, hotel, hingga resor yang unik.

“Pilihan menginap di Banyuwangi juga semakin beragam, dari view pantai, sawah, sampai gunung; seiring tumbuh dan berbenahnya berbagai hotel, resor, homestay sebagai bagian dari fasilitas penunjang pariwisata,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (25/12).

Anas mengatakan, liburan akhir tahun ini Banyuwangi terus berbenah untuk menyambut lonjakan wisatawan. Berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, saat libur akhir tahun, lonjakan wisatawan mencapai ratusan persen. Kenaikan jumlah wisatawan sudah terdeteksi sejak akhir pekan lalu berbarengan dengan dimulainya libur Natal.

“Dengan jumlah homestay hingga hotel yang bertambah dibanding tahun lalu, kebutuhan wisatawan bisa terpenuhi, karena libur akhir tahun lalu banyak yang kehabisan penginapan,” tutur Anas.

Dia mengatakan, untuk wisatawan yang menginginkan suasana pantai, homestay hingga hotel berkonsep resor tepi pantai tersedia, mulai dari kawasan Pantai Pulau Merah yang banyak homestay hingga kawasan utara Banyuwangi dengan banyak hotel di tepi pantai, termasuk sejumlah hotel bintang empat.

Deretan Homestay dan Hotel Unik Untuk Liburan di Banyuwangi

Deretan Homestay dan Hotel Unik Untuk Liburan di Banyuwangi

Untuk wisatawan yang menyukai suasana pegunungan, banyak homestay, hotel, dan resor tersedia di kawasan menuju kaki Gunung Ijen yang mempunyai fenomena api biru (blue flame) yang mendunia.

“Di arah kaki Gunung Ijen juga banyak homestay unik dengan suasana khas perdesaan dan persawahan yang menjanjikan experience berbeda kepada wisatawan,” ujarnya.

Pilihan menginap di Kabupaten Banyuwangi semakin beragam, dari view pantai, sawah, sampai gunung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News