Deretan Proyek Waskita Karya di IKN, dari Sekretariat Presiden hingga Kawasan Istana

Deretan Proyek Waskita Karya di IKN, dari Sekretariat Presiden hingga Kawasan Istana
DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon dalam sosialisasi pembangunan IKN oleh BUMN Waskita Karya. Foto: Source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sosialisasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur terus dilakukan.

Salah satu narasumber dalam sosialisasi itu ialah anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon.

Sondang memaparkan berbagai peran BUMN Waskita Karya dalam pembangunan IKN Nusantara dengan tema "BUMN Karya Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan IKN" di kawasan Cipinang, Jakarta Timur pada Jumat (13/1).

Waskita Karya adalah BUMN bidang infrastruktur yang dibangun pada 1961 melalui proses nasionalisasi perusahaan asing yang awalnya bernama Volker Aannemings Maatschapiij N.V.

Menurutnya, terpilihnya Waskita Karya untuk pembangunan IKN karena rekam jejak dan portofolio yang mumpuni.

"PT Waskita Karya (Persero) Tbk. berhasil meraih beberapa kontrak proyek baru di Ibu Kota Negara (IKN). Antara lain proyek gedung Sekretariat Presiden dan bangunan pendukung pada Kawasan Istana Kepresidenan dengan total nilai kontrak mencapai Rp 1,35 triliun," ujar Sondang Tampubolon dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Adapun gedung Sekretariat Presiden dan bangunan pendukung pada Kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara rencananya akan dibangun di atas tanah seluas 50.678 meter persegi dan luas bangunan 33.312 meter persegi yang terbagi menjadi tiga bangunan yaitu Sekretariat Presiden, Mess Paspampres, dan Bangunan Pendukung.

Pembangunan ini membutuhkan waktu pembangunan selama 720 hari kalender dengan target penyelesaian pekerjaan pada akhir 2024.

Waskita Karya adalah BUMN bidang infrastruktur yang dibangun pada 1961 melalui proses nasionalisasi perusahaan asing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News