Desa Energi Berdikari Cilacap Hadirkan Green Energy Bertenaga Surya dan Angin

Desa Energi Berdikari Cilacap Hadirkan Green Energy Bertenaga Surya dan Angin
Sentuhan dari Pertamina RU IV Cilacap melalui program Desa Energi Berdikari membuat Desa Ujung Alang yang dulu terisolir dan gelap gulita di malam hari ini kini menjadi terang benderang. Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, CILACAP - Desa Energi Berdikari Cilacap merupakan bagian dari Program Pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dalam kerangka environmental, social & Governance (ESG).

Program berbasis CID (Community involvement development) yang dijalankan Pertamina RU IV Cilacap ini merupakan komitmen perusahaan pelat merah tersebut mengakselerasi transisi energi hijau (green energy) di Indonesia.

Desa Energi Berdikari Cilacap bertujuan meningkatkan akses masyarakat di desa terpencil dan terisolasi terhadap energi yang ramah lingkungan, terjangkau dan berkelanjutan.

Program ini juga sekaligus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga lebih sejahtera.

Pengembangan Desa Energi Berdikari Cilacap memanfaatkan sumber energi surya dan angin yang tersedia sepanjang tahun di Desa Ujung Alang, Cilacap.

Melalui teknologi hybrid energy pole (HEOP), kedua sumber energi ini diolah menjadi listrik yang bisa menerangi rumah penduduk, sekolah dan berbagai aktivitas ekonomi warga.

Desa Ujung Alang merupakan desa terisolasi dengan 80 persen penduduknya bekerja sebagai nelayan musiman dan buruh tambak.

Terbatasnya akses listrik, transportasi dan komunikasi membuat desa ini tertinggal dibanding desa lainnya.

Sentuhan dari Pertamina RU IV Cilacap membuat Desa Ujung Alang yang dulu terisolir dan gelap gulita di malam hari ini kini menjadi terang benderang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News