Subsidi BBM Dinikmati Banyak Orang Kaya, Pertamina Upayakan Mekanisme Pendaftaran

Subsidi BBM Dinikmati Banyak Orang Kaya, Pertamina Upayakan Mekanisme Pendaftaran
Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting saat menggelar konferensi pers terkait implementasi pendaftaran pengguna BBM subsidi melalui website MyPertamina di Graha Pertamina Jakarta, Kamis (30/6). Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Subsidi pada dasarnya ditujukan bagi masyarakat menengah ke bawah untuk meringankan beban hidup mereka.

Namun, faktanya berbeda dengan subsidi BBM.

Pertamina mengungkap 60 persen masyarakat yang menggunakan BBM subsidi termasuk kalangan orang kaya.

"60 persen masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan kaya ini mengonsumsi hampir 80 persen dari total konsumsi BBM bersubsidi," beber Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga saat konferensi pers di Graha Pertamina Jakarta, Kamis (30/6).

Irto juga mengungkapkan fakta mengejutkan lainnya, yakni ternyata sebanyak 40 persen masyarakat rentan dan miskin yang hanya mengonsumsi 20 persen dari total subsidi energi yang dialokasikan pemerintah.

Karena itu, lanjut Irto, penggunaan subsidi yang tidak tepat sasaran ini mendorong Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial and Trading Pertamina melakukan terobosan.

Pertamina mengupayakan mekanisme yang dapat memastikan subsidi tetap sasaran.

Menurut Irto, subsidi yang tepat sasaran ini penting, mengingat pemerintah telah mengalokasikan dana hingga Rp 520 triliun untuk subsidi energi pada 2022.

Pertamina mengungkapkan subsidi BBM banyak dinikmati orang kaya ketimbang masyarakat rentan dan miskin. Simak penjelasan Irto Ginting

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News