Pertamina Terapkan Teknologi Digital untuk Pastikan BBM & LPG Subsidi Tepat Sasaran

Pertamina Terapkan Teknologi Digital untuk Pastikan BBM & LPG Subsidi Tepat Sasaran
Pertamina terus memastikan agar BBM & LPG subsidi tepat sasaran dengan menerapkan digitalisasi sistem distribusi. Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina terus memastikan agar distribusi BBM dan LPG subsidi tepat sasaran.

Upaya tersebut dilakukan demi mencegah tidak terjadi penyalahgunaan di mata rantai distribusi, mulai dari terminal BBM hingga SPBU, mengingat besarnya angka subsidi yang digelontorkan pemerintah.

Berbagai upaya yang telah dilakukan, di antaranya memperketat pengawasan di SPBU dengan menerapkan sistem digitalisasi dan pemasangan CCTV di setiap pulau pompa hingga melakukan koordinasi khusus dengan aparat penegak hukum.

Di sisi distribusi, Pertamina juga menerapkan monitoring GPS mobil tangki, khususnya pengangkut BBM bersubsidi jenis solar untuk antisipasi adanya potensi mobil tangki berhenti di jalur yang tidak wajar.

Pengaturan distribusi BBM ke SPBU juga dilakukan untuk mendukung upaya pembukaan jam operasional serentak.

"Semua proses penyaluran BBM dan LPG Subsidi terpantau dengan ketat melalui sistem digital yang terpusat di command centre Pertamina atau dikenal dengan Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC),” kata Heppy Wulansari, Pjs Vice President Corporate Communication Pertamina, Kamis (23/6).

Kecanggihan PIEDCC tak terbantahkan.

Sebuah inovasi teknologi berbasis digital yang menyajikan data secara real-time dan akan mendukung peran strategis Pertamina sebagai integrator seluruh lini bisnis dari aspek operasional dan komersial.

Teknologi canggih ini berperan penting memonitor proses bisnis Pertamina dari hulu ke hilir, termasuk distribusi energi di seluruh pelosok negeri.

Pertamina terus memastikan agar BBM & LPG subsidi tepat sasaran dengan menerapkan digitalisasi sistem distribusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News