Desa Gudang Sumedang Raih Juara I Posyantek Desa Berprestasi Tingkat Nasional

Desa Gudang Sumedang Raih Juara I Posyantek Desa Berprestasi Tingkat Nasional
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyerahkan piala dan penghargaan kepada pemenang Posyantek Desa Berprestasi 2021, Senin (20/9). Foto: Kemendes

jpnn.com, JAKARTA - Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Desa Gudang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, sukses meraih juara pertama Posyantek Desa Berprestasi Tingkat Nasional.

Keunggulan teknologi tepat guna yang diciptakan inovator dari Posyantek Desa Gudang, seperti penebar pelet ikan otomatis, pembasmi hama dan pengolah limbah organik (biodigester) mengantarkannya menjuarai kompetisi ini.

"Sampai saat ini sudah ada 12 produk yang kami sudah pasarkan," kata Ketua Posyantek Desa Gudang, Dikdik Tasdik, Senin (20/9).

Posyantek Gudang juga telah banyak bekerja sama dengan banyak perusahaan dan instansi pemerintah.

“Seperti pemerintah desa, kecamatan, DPMD dan beberapa perusahaan sudah menggunakan produk kami,” sebutnya.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengaku sangat bangga atas raihan prestasi tersebut dan berharap Desa Gudang menjadi inspirasi buat desa lainnya.

“Ini bisa menjadi wahana bagi tiap desa untuk menampilkan inovasi-inovasi, terutama berkaitan dengan teknologi tepat guna," ujar Bupati Dony.

Piala dan piagam penghargaan diserahkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar kepada Ketua Posyantek Desa Gudang Dikdik Tasdik didampingi Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir pada acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTG) XXII-2021 di Gedung Makarti, Jakarta Selatan, Senin (20/9).

Prestasi Posyantek Desa Gudang diharapkan menjadi inspirasi bagi desa lainnya di Kabupaten Sumedang dalam penerapan teknologi tepat guna.