JPNN.com

Desa Terpencil Bernama Sepakung itu Bikin Pak Ganjar Takjub

Rabu, 29 Juli 2020 – 20:16 WIB
Desa Terpencil Bernama Sepakung itu Bikin Pak Ganjar Takjub - JPNN.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Saat ini para orang tua murid banyak mengeluhkan pembelajaran daring yang sulit. Terutama bagi warga yang tinggal di area blank spot atau tidak ada sinyal.

Namun di Jawa Tengah, ada contoh desa hebat untuk menyelesaikan persoalan itu. Desa Sepakung namanya.

Desa yang terletak di Kabupaten Semarang ini mampu membuat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo takjub.

Bagaimana tidak, meski terpencil dan tidak ada sinyal, namun proses belajar mengajar secara daring di desa itu berjalan lancar.

Hal itu karena kepiawaian kepala desanya, Ahmad Nuri. Saat paparan di hadapan Ganjar ketika rapat membahas problematika pembelajaran jarak jauh di Gedung A lantai 2 kantor Pemprov Jateng, Rabu (29/7), Ahmad Nuri menerangkan telah mengoptimalkan dana desa untuk menjadikan desa Sepakung menjadi desa pintar lengkap dengan jaringan internet yang tersedia.

Tidak hanya di kantor kelurahan, jaringan internet bahkan sudah masuk ke seluruh wilayah RW di desa itu. Tahun depan, rencananya jaringan internet akan bisa dinikmati di tingkat RT.

"Jadi meskipun area kami susah signal, anak-anak tetap bisa belajar dengan nyaman saat proses belajar daring saat ini. Semua anak-anak di desa kami bisa belajar dengan nyaman, dengan fasilitas internet yang lancar," kata Ahmad Nuri.

Tak tanggung-tanggung, kuota sebesar 30 Mbps disiapkan untuk menjamin kelancaran berselancar masyarakatnya di dunia maya. Dan khusus bagi siswa, pihaknya memperbolehkan mereka mengakses secara cuma-cuma.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia