Desak Investigasi Aset Koperasi Cipaganti

Desak Investigasi Aset Koperasi Cipaganti
Desak Investigasi Aset Koperasi Cipaganti

jpnn.com - JAKARTA -  Para mitra usaha koperasi Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada (KCKGP) makin resah. Mereka mencium ada upaya pihak pengurus koperasi melindungi dan menyembunyikan aset-aset  milik  Cipaganti Group,  yang seharusnya bisa digunakan untuk mengembalikan uang para mitra usaha.

Karenanya, lewat kuasa hukumnya, Caesar Aidil Fitri, mereka  mendesak hakim pengawas pada Pengadilan Niaga, Jakarta Pusat, segera melakukan investigasi guna mengetahui apa, berapa dan dimana saja aset milik KCKGP.

“Kami akan mengejar untuk mendapatkan aset-aset perusahaan Cipaganti Group, yang sengaja tidak dimunculkan dalam restrukturisasi koperasi. Seharusnya aset-aset perusahaan Cipaganti Group bisa ditarik, disita, dan dieksekusi untuk kepentingan mitra usaha,” cetus Caesar kepada wartawan di Jakarta, Senin (14/7).

Caesar juga mengingatkan para pengurus koperasi agar tidak menutup-nutupi kepemilikan  aset perusahaan yang sebenarnya terkait koperasi.  Sebab, katanya, usulan restrukturisasi dalam kasus gagal bayar dana investor senilai Rp 3,2 triliun, yang diajukan pengurus koperasi tidak realistis karena dinilai merugikan  mitra usaha. “Kami akan kejar jika terus disembunyikan,” tegas Caesar.

Diingatkan juga bahwa perusahaan yang tergabung dalam Cipaganti Group, yang  kecipratan dana milik para mitra usaha koperasi, terancam kehilangan asetnya yang akan digunakan untuk penyelesaian utang.

“Harus diingat, Cipaganti Group adalah perusahaan terbuka, yang tercatat di  Bursa Efek Indonesia.  Saya yakin perdagangan saham CPGT akan terganggu  dan investor bertanya-tanya karena ancaman kegagalan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang kemungkinan akan merembet ke perusahaan-perusahaan Cipaganti Group,” ujarnya.

Ramai diberitakan, Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada yang kini dalam PKPU adalah salah satu anak perusahaan Cipaganti Group. Selama periode 2007-2014, koperasi telah menjalin kemitraan bersama 8.700 mitra usaha, dengan penyertaan dana sekitar Rp 3,2 triliun. (sam/rl/jpnn)

 


JAKARTA -  Para mitra usaha koperasi Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada (KCKGP) makin resah. Mereka mencium ada upaya pihak pengurus koperasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News