Sabtu, 23 September 2017 – 12:41 WIB

Desak Pemerintah Perpanjang Dobel Track

Kamis, 28 Agustus 2014 – 06:27 WIB
Desak Pemerintah Perpanjang Dobel Track - JPNN.COM

JAKARTA - Kemacetan jalur darat di pulau Jawa masih belum bisa diatasi oleh pemerintah Hal itu diperparah dengan minimnya pertambahan jalan dan meningkatnya jumlah kendaraan pribadi tiap tahunya. Melihat hal itu, para kepala daerah mendesak pemerintah untuk segera membangun jalur dobel track sampai ke Banyuwangi.

Desakan itu datang saat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Trasnformasi serta Rajawali Foundation menggelar diskusi On The Train Dialogue kemarin (27/8).

Diskusi yang bertempat di kereta Argo Bromo Anggrek jurusan Jakarta-Semarang turut dihadiri oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono serta delapan kepala daerah.

Delapan kepala daerah itu diantaranya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Bupati Tegal Entus Susmono, Walikota Cirebon Ano Sutrisno, dan Wakil Walikota Tegal Nursholeh. Selain itu Sekda Pekalongan Dwi Arie Putranto serta Asisten Adminsitrasi Pemkot Semarang Eko Tjahjono. Mereka membahas perkembangan jalur ganda kereta api di pulau jawa.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto mengatakan mengatakan pembangunan Dobel Track sangat ditunggu. Pasalnya problem kemacetan jalan sampai kini belum bisa diselesaikan oleh pemda.

Sambari mengatakan, kemacetan itu disebabkan bertambahnya kendaraan pribadi seperti mobil dan roda dua. Selain itu, di kota Pudak itu banyak terdapat perusahaan. "Di Gresik ada 289 industri besar. Seperti Wilmar, Petrokimia dan Semen Gresik. Semuanya menunggu realisasi Dobel Track," ujarnya.

Tak hanya itu, Sambari menjelaskan bahwa pengusaha juga membutuhkan angkutan kereta dari pelabuhan menuju ke pabrik. Sebab, jika lewat jalur darat ongkosnya mahal. "Saya sudah bertemu pengusaha. Mereka sangat membutuhkan angkutan kereta," ucapnya.

Senada dengan Sambari, Bupati Banyuwangi Abdullah Aswar Anas juga berharap dobel track diperpanjang sampai ke Banyuwangi. Sebab permasalahan jalur pantura setiap tahunya selalu sama. Ketika lebaran, jalur vital itu selalu dipadati oleh pemudik yang pulang kampung. "Pantura merupakan mesin pembunuh orang. Setiap tahun ratusan orang meninggal karena kecelakaan," paparnya.

SHARES
TAGS   dobel track
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini