Desakan Pembentukan Provinsi Sumteng Kembali Menggema

Desakan Pembentukan Provinsi Sumteng Kembali Menggema
Desakan Pembentukan Provinsi Sumteng Kembali Menggema

jpnn.com - MADINA - Ketua DPRD Mandailing Natal (Madina), Sumut, AS Imran Khaitami Daulay menyatakan dukungannya atas upaya pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara (Sumteng). Ia berharap, semua kepala daerah di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) bisa kembali duduk bersama dalam merancang langkah menuntaskan gerakan pembentukan Sumteng.

"Perjalanan menuju terbentuknya Provinsi Sumatera Tenggara memang mengalami ketersendatan beberapa lama termasuk akibat moratorium grand design 25 tahun Negara Indonesia, tetapi tidak terlepas juga akibat kinerja panitia yang lamban. Hanya saja, dokumen usulan kita kan sudah sampai ke Mendagri dan Mensesneg. Bahkan ke pimpinan DPR RI dan komisi-komisi di II DPR RI. Sehingga oleh DPR RI terus melakukan proses terhadap dokumen usulan,” ucap Imran yang juga ikut terlibat dalam deklarasi Sumatera Tenggara itu beberapa waktu lalu.

Bahkan menurut Ketua DPD Partai Golkar Madina itu,  sudah ada surat Gubernur Sumut tertanggal 22 Juli 2013 tentang penyampaian hasil verifikasi persyaratan Administrasi Usulan Pembentukan DOB Provinsi Sumatera Tenggara.

Sifat surat tersebut adalah menindak lanjuti surat Sekjen DPR RI bernomor LG/07310/DPR RI/VI/2013 tertanggal 27 Juni 2013 yang menjelaskan hasil keputusan rapat intern komisi II DPR RI 19 Juni 2013.

“Dan di dalam surat Gubernur Sumut bernomor 135/6742/2013 itu dilampirkan Cek List hasil verifikasi administrasi dari DPR RI. Untuk kemudian diminta segera dipenuhi oleh kabupaten /kota terkait,” ungkapnya.

Dia juga menyebutkan, surat aspirasi dan keputusan DPRD yang berisikan beberapa poin, persetujuan menjadi cakupan wilayah calon provinsi, nama calon provinsi, dan ibu kota calon provinsi, serta dukungan dana selama dua tahun serta untuk pelaksanaan pilkada pertama.

Dia juga mengusulkan, agar semua kepala daerah cakupan wilayah calon provinsi untuk kembali duduk bersama dalam merancang langkah bersama menuntaskan gerakan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Sumteng.

“Bahkan kita sangat berharap, agar para kepala daerah mengundang panitia deklarasi kembali untuk bermusyawarah sehingga semua kembali menyatu dalam semangat yang sama,” harapnya.

MADINA - Ketua DPRD Mandailing Natal (Madina), Sumut, AS Imran Khaitami Daulay menyatakan dukungannya atas upaya pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News