Desakan Reshuffle Dinilai Tak Logis

Desakan Reshuffle Dinilai Tak Logis
Desakan Reshuffle Dinilai Tak Logis
JAKARTA - Isu perombakan kabinet semakin tenggelam. Kali ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara langsung. Dia menilai, desakan reshuffle tersebut kurang logis. "Sebab, sampai satu titik, seolah-olah saya dipaksa, diharuskan, didikte untuk segera melaksanakan reshuffle. Kemudian, apa yang saya dengarkan, mengapa (proses reshuffle) lambat," papar SBY sebelum memulai sidang kabinet di Kantor Presiden kemarin (10/3).

Menurut SBY, hal tersebut dinilai ganjil. Alasannya, reshuffle bukan merupakan tujuan. "Reshuffle itu boleh disebut sarana," katanya. Reshuffle bisa dilakukan jika ada alasan dan urgensi yang jelas agar kabinet makin efektif dalam menjalankan tugasnya.

SBY lantas mencontohkan, tiga kali reshuffle pada masa Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid I (2004 "2009) "Tapi, mengharuskan presiden harus reshuffle, harus cepat dengan jadwal sendiri, itu sesuatu yang kurang logis," imbuh SBY.

Apalagi, lanjut SBY, dalam sistem kabinet presidensial, pengangkatan dan pemberhentian menteri menjadi hak prerogatif presiden. "Saya belum pernah, belum pernah mengatakan bahwa ya bulan depan akan ada reshuffle, minggu ini akan ada reshuffle," tegas SBY.

JAKARTA - Isu perombakan kabinet semakin tenggelam. Kali ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara langsung. Dia menilai, desakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News