Desartada Bakal Dijadikan Panduan Pemekaran

Desartada Bakal Dijadikan Panduan Pemekaran
Desartada Bakal Dijadikan Panduan Pemekaran
JAKARTA — Saat ini pemerintah masih memberlakukan moratorium yang dikeluarkan pemerintah untuk membatasi pemekaran daerah otonom baru. Namun sejumlah  pihak mengkritisi moratorium yang tak memiliki payung hukum tetap itu karena  dinilai menghalangi aspirasi masyarakat untuk pengembangan wilayah.

Karena itulah kini pemerintah telah menyusun Desain Besar Penataan Daerah (Desartada). Nantinya Desartada ini akan menjadi payung hukum dan panduan pemekaran wilayah dari 2010-2025. ‘’ Jadi semua pertimbangan  terhadap akan terbentuknya daerah otonom baru harus mengacu pada desain besar penataan daerah  ini," ujar Humas Kemendagri Reydonnyzar Moenek kepada JPNN, Selasa (15/3).

Salah satu pertimbangan pembentukan Desartada ini adalah fakta di lapangan yang menyebut lebih dari 50 persen daerah pemekaran baru justru tidak mampu menghidupi dirinya sendiri. Inilah yang disebut sebagai kegagalan yang membuat perlunya ada pembatasan pemekaran wilayah baru di Indonesia.

Namun demikian salah satu yang diusahakan kini membuat cantolan hukum Desartada ini agar berkekuatan hukum sebagai acuan pemekaran daerah di masa mendatang.

JAKARTA — Saat ini pemerintah masih memberlakukan moratorium yang dikeluarkan pemerintah untuk membatasi pemekaran daerah otonom baru. Namun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News