Detik-detik KKB Paksa Pilot Keluar, Mengeluarkan Tembakan, Membakar Pesawat

Detik-detik KKB Paksa Pilot Keluar, Mengeluarkan Tembakan, Membakar Pesawat
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal. Foto: Antara/Evarianus Supar

jpnn.com, JAYAPURA - Massa yang diduga ditunggangi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua membakar pesawat terbang nomor registrasi PK MAK.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI Kolonel CZI Gusti Nyoman Suriastawa membenarkan kabar ada aksi pembakaran terhadap pesawat seri PK MAK sesuai yang diberitakan otoritas MAF (Mission Aviation Fellowship) di Nabire.

"Massa yang ditunggangi KKB (kelompok kriminal bersenjata) melakukan tindakan brutal. Kondisi ini diciptakan KKB untuk memberi rasa takut terhadap masyarakat," kata Suriastawa ketika dihubungi melalui telepon selularnya di Jayapura, Kamis (7/1).

Personel gabungan Polres Nabire bersama Polres Intan Jaya sudah menangani kasus pembakaran pesawat terbang nomor registrasi PK-MAX yang membawa penumpang di Bandara Pagamba, Distrik Biandoga, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, oleh kelompok bersenjata.

Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi AM Kamal, di Jayapura, Kamis malam, mengatakan, pada sekitar pukul 09.00 WIT, pesawat MAF nomor registrasi PK-MAX yang dipiloti warga negara Amerika Serikat, Alex Luferchek, lepas landas dari Bandara Nabire membawa dua warga setempat tujuan Bandara Pagamba, di Distrik Mbiandoga Kabupaten Intan Jaya.

Bandara tujuan ini adalah bandara perintis yang dikelola MAF.

"Pukul 09.30 WIT pilot pesawat terbang MAF PK-MAX, Alex Luferchek, melaporkan via radio ke Kantor MAF bahwa pesawat terbang itu telah mendarat tiba di Bandara Pagamba secara baik," kata Kamal.

Selanjutnya, kata dia, pilot disuruh turun dari pesawat. Saat itu datang seseorang diduga anggota kelompok bersenjata yang berada di sekitar tempat pesawat terbang berhenti.

Anggota KKB bersenjata memaksa pilot keluar dari pesawat PK MAK, lantas melakukan pembakaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News