Dewi Lestari, Memanas karena Kritik

Dewi Lestari, Memanas karena Kritik
Dewi Lestari. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos
DEWI Lestari dibuat panas oleh kritikus buku Arman Dhani sebagaimana yang dilansir situs Jakartabeat.net. Sekuel Supernova: Partikel dari novelis yang kerap disapa Dee itu disebut sebagai satu di antara lima buku yang tak layak terbit pada 2012.

Menanggapi artikel pedas atas bukunya, Dee menunjukkan langkah responsif lewat 25 kultwit panjang. "Saya senang atau kecewa karena kritik, itu adalah akibat mental saya bereaksi. Bukan karena kritik tersebut memiliki kebenaran tertentu," ungkapnya lewat microblogging Twitter.

Penulis yang novelnya diangkat sebagai film layar lebar Perahu Kertas itu memaparkan bahwa kritikus tidak punya kebenaran inheren (melekat). Artinya, apa yang ditulis kritikus subjektif dan merupakan refleksi mental kritikus atas apa yang dia kritik.

Begitu pula suka atau tidaknya pembaca dengan sebuah karya. Lantaran semua merupakan reaksi mental, tidak ada karya yang secara inheren murni bagus atau jelek.

DEWI Lestari dibuat panas oleh kritikus buku Arman Dhani sebagaimana yang dilansir situs Jakartabeat.net. Sekuel Supernova: Partikel dari novelis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News