Dexamethasone Selamatkan Pasien COVID-19 di Inggris, Obat Apa Itu?

Dexamethasone Selamatkan Pasien COVID-19 di Inggris, Obat Apa Itu?
Peneliti di Inggris mengatakan pengobatan menggunakan dexamethasone bisa menyembuhkan sebagian pasien COVID-19. (AP: Nati Harnik)

Para peneliti di Inggris menyatakan ujicoba pengobatan COVID-19 dengan menggunakan dexamethasone menunjukkan keberhasilan dalam menyelamatkan nyawa pasien. Obat ini sudah banyak tersedia dan harganya pun murah.

 

 

Dalam ujicoba yang diumumkan hari Selasa (16/06/2020) disebutkan bahwa dexamethasone, yang banyak digunakan untuk mengatasi peradangan penyakit seperti arthritis, bisa mengurangi tingkat kematian pasien COVID-19 sampai sekitar 30 persen.

Dengan hasil awal ini, para peneliti tersebut menyarankan agar obat ini segera digunakan untuk pasien yang paling parah terkena COVID-19.

Penemuan tersebut diumumkan lewat pernyataan kepada media, namun peneliti mengatakan mereka akan menerbitkan hasil penelitian sesegera mungkin.

Penelitian ini masih belum mendapatkan kajian dari peneliti lain atau biasa disebut sebagai 'peer review'.

Penelitian yang dimuat di jurnal kedokteran di Inggris The Lancet mengenai penggunaan obat malaria hydroxychloroquine untuk COVID-19 sekarang sudah dtarik.

"Kita sudah pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya, tidak saja selama pandemi corona, namun juga sebelum COVID, dengan hasil yang mengesankan. Namun ketika melihat datanya, ternyata tidak begitu menyakinkan," kata Kathryn Hibbert, direktur Unit Perawatan Intensif Rumah Sakit Umum Harvard di Massachusetts, Amerika Serikat.

Para peneliti di Inggris menyatakan ujicoba pengobatan COVID-19 dengan menggunakan dexamethasone menunjukkan keberhasilan dalam menyelamatkan nyawa pasien

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News