Di Amerika Serikat, Presiden Duduk Bersama Orang Penting Dunia, Ada Apa?

Di Amerika Serikat, Presiden Duduk Bersama Orang Penting Dunia, Ada Apa?
Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan dengan para pengusaha (CEO) Amerika Serikat (AS) di Intercontinental the Willard Hotel, Washington DC, Kamis (12/5/2022) waktu setempat. Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan para pengusaha dan CEO (pemimpin) perusahaan besar Amerika Serikat (AS) di Intercontinental the Willard Hotel, Washington DC, Kamis waktu setempat.

Dalam pertemuan itu, tampak hadir Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo, US-ASEAN Business Council Ted Osius, Utusan Khusus untuk Perubahan Iklim John Kerry dan sejumlah pimpinan perusahaan AS antara lain Google, Chevron, Boeing, Qualcomm, ConocoPhillips, Marriot International, dan lainnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

Dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS, Presiden menyampaikan potensi bahan baku industri sebagai salah satu kekuatan Indonesia.

Jokowi menekankan selain penyediaan bahan baku industri, Indonesia juga memiliki kekuatan dalam penyediaan energi hijau dan ekonomi digital.

"Sebagai salah satu negara penghasil bijih nikel terbesar di dunia, Indonesia berkembang pesat dalam industri besi dan baja. Saat ini Indonesia menjadi negara penghasil besi baja stainless terbesar nomor dua di dunia," kata Presiden Jokowi dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Jumat (13/5).

Menurut Presiden, Indonesia juga kaya akan tambang seperti tembaga dan bauksit untuk aluminium.

Mineral alam itu merupakan tulang punggung industri energi baru dan terbarukan (EBT), termasuk baterai litium dan mobil listrik.

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan para pengusaha dan CEO (pemimpin) perusahaan besar Amerika Serikat (AS) di Intercontinental the Willard Hotel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News