Rabu, 22 November 2017 – 15:57 WIB

Di Australia Aturan Dokter Bedah Plastik Diperketat

Senin, 06 November 2017 – 10:00 WIB
Di Australia Aturan Dokter Bedah Plastik Diperketat - JPNN.COM

Di Australia tampaknya segera akan diputuskan bahwa dokter yang tidak memiliki keahlian melakukan pembedahan tidak boleh menggunakan nama 'ahli bedah komestik.".

Langkah ini diambil oleh menteri kesehatan federal dan negara bagian setelah adanya beberapa kasus fatal yang dilakukan ahli bedah komestik selama beberapa saat terakhir di Australia.

Menurut laporan yang didapat ABC, Dewan Medis Australia akan mempertimbangkan pembatasan penggunaan nama "ahli bedah kosmetik' termasuk mengijinkan menteri kesehatan di negara bagian melarang penggunaannya oleh dokter, bila Dewan merekomendasikannya.

Saat ini, di Australia seorang dokter bila menyebut mereka 'ahli bedah komestik bahkan bila mereka tidak pernah menjalani latihan pembedahan sama sekali.

Dalam usulan baru ini, hanya dokter yang pernah menjalani pelatihan bedah plastik yang boleh menyebut diri 'ahli bedah kosmetik.'

Presiden Asosiasi Ahli Bedah Plastik Australia Mark Magnusson mengatakan istilah 'ahli bedah kosmetik' tidaklah berarti apapun, karena bukan merupakan satu keahlian khusus.

"Tidak ada kualifikasi tertentu bagi siapa yang boleh menggunakannya, sehingga ini menjadi sebutan bagi siapa yan saja yang lulus kedokteran yang ingin berkecimpung di bidang operasi plastik."

"Anggota kami adalah mereka yang merupakan ahli bedah khusus, dan kami sudah melihat ratusan orang yang menjalani operasi yang dilakukan 'ahli bedah kosmetik' ini dengan pandangan bahwa mereka berada di tangan yang aman, namun kemudian hasil operasinya tidaklah memuaskan."

Peraturan lebih ketat untuk operasi plastik

Sejak ABC menayangkan serangkaian penyelidikan mengenai bedah plastik, beberapa negara bagian di Australia termasuk New South Wales, Queensland dan Victoria telah mengambil langkah untuk membatasi dimana sebuah operasi plastik bisa diadakan.

Menteri Kesehatan NSW Brad Hazzard sedang melakukan kajian setelah seorang wanita tewas dalam operasi plastik di sebuah salon di Sydney.
Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt mengatakan menyusul tragedi tersebut, New South Wales mengambil tindakan dengan nmemperketat peraturan.

"Tindakan ini disambut baik dan pemerintah Federal mendukung inisiatif mereka." katanya.

"Keselamatan pasien adalah hal paling penting."

Direktur Eksekutif Forum Kesehatan Konsumen Leanne Wells mengatakan kepada ABC bahwa pasien harus mendapat kejelasan mengenai prosedur apa yang akan mereka jalani, dan juga memiliki dokter yang bereputasi baik.

"Ini adalah bidang dimana pasien tidak seharusnya mencari yang murah."

"Kami berpendapat sama dengan beberapa kelompok klinis lain yang mengatakan peraturan harus diperketat."

"Industri ini sudah terlalu lama dibiarkan sendirian tanpa diatur."

"Permintaan akan operasi plastik akan meningkat, ini fakta di abad 21m namun untuk keselamatan pasien, kita harus memiliki standar yang ketat, akreditasi, dan juga pengawasan."

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

 
SHARES
Komentar