Di Balik Layar, Putin dan Macron Berdebat Sengit sebelum Rusia Menginvasi Ukraina

Di Balik Layar, Putin dan Macron Berdebat Sengit sebelum Rusia Menginvasi Ukraina
Presiden Vladimir Putin menerima kunjungan Presiden Emmanuel Macron di Moscow pada 7 Februari. Kedua pemimpin belakangan terlibat perdebatan sengit soal Ukraina. (Sputnik/Kremlin via Reuters)

Sebuah film dokumenter Prancis mengungkapkan percakapan telepon berisi perdebatan sengit antara Presiden Emmanuel Macron dan Presiden Vladimir Putin, hanya empat hari sebelum invasi Rusia ke Ukraina.

Bocornya percakapan sengit dalam Bahasa Prancis dan Bahasa Rusia ini, memicu reaksi keras dari Menlu Rusia, Sergei Lavrov.

Ia menyebut bahwa "etika diplomatik tidak membenarkan tindakan membocorkan pembicaraan secara sepihak dari rekaman seperti itu".

Film dokumenter berjudul A President, Europe and War, disiarkan di saluran TV France 2 dan mengungkapkan perdebatan dan ketegangan antara kedua pemimpin.

Dalam percakapan telepon, yang disebutkan berlangsung pada 20 Februari, Presiden Macron meledak marah setelah Presiden Putin menyarankan agar Prancis bernegosiasi dengan separatis pro-Rusia di Ukraina.

"Saya tidak tahu di mana pengacara Anda belajar hukum," ujar Presiden Prancis, terdengar gelisah.

Dia melanjutkan: "Dan saya tidak tahu pengacara seperti apa yang memberitahu Anda bahwa di negara berdaulat, undang-undang diusulkan oleh kelompok separatis dan bukan oleh otoritas yang dipilih secara demokratis."

Presiden Putin terdengar langsung menimpali bahwa Pemerintah Ukraina tidak dipilih secara demokratis.

Sebuah film dokumenter Prancis mengungkapkan percakapan telepon berisi perdebatan sengit antara Presiden Emmanuel Macron dan Presiden Vladimir Putin, hanya empat hari sebelum invasi Rusia ke Ukraina

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News