Di Balik 'Serbuan' Tenaga Kerja dari Tiongkok...

Di Balik 'Serbuan' Tenaga Kerja dari Tiongkok...
Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny F Sompie menjadi pembicara pada diskusi bertema Di Balik Serbuan Warga Asing, Jakarta, Sabtu (24/12). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Sompie mengklaim bahwa tenaga kerja dari Tiongkok tergolong stabil di Indonesia.

Hal ini dia ucapkan untuk membantah isu tenaga kerja Tiongkok membanjiri Tanah Air.

"Saat ini, hanya 27 ribu tenaga kerja China (Tiongkok- red) di Indonesia. Semuanya resmi, kecuali 1.827 di antaranya. Ini sedang proses administrasi," kata dia saat diskusi bertajuk "Di Balik Serbuan Warga Asing" di sebuah restoran di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12).

Menurut Ronny, selain yang tersangkut masalah administrasi itu, semua tenaga kerja Tiongkok resmi, tidak ada tenaga kotor dan semuanya pekerja spesialis.

"Kan semuanya sudah diatur. Mereka yang spesialis dan memiliki bidang profesional saja yang bolehkan. Batas perusahaan mengerjakan tenaga kerja asing juga dibatasi," tandas dia. 

JPNN.com - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Sompie mengklaim bahwa tenaga kerja dari Tiongkok tergolong stabil di Indonesia.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News