Di Daerah Ini tak Satu pun Honorer K2 Bisa Ikut Tes CPNS

Di Daerah Ini tak Satu pun Honorer K2 Bisa Ikut Tes CPNS
Honorer mengikuti tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BANJARBARU - Pemko Banjarbaru, Kalsel, hanya mendapatkan formasi 96 pada seleksi CPNS 2018 ini. Padahal, yang diusulkan ke Kementerian PAN dan RB sebanyak 265.

Selain itu, formasi yang diberikan pun semuanya jalur umum, tak ada yang khusus. Yaitu, 42 formasi tenaga pendidik dan 54 tenaga kesehatan. Sehingga, tak ada harapan bagi honorer K2 di Banjarbaru untuk bisa meraih status PNS.

Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah di Kota Banjarbaru mengungkapkan bahwa pemko tak bisa berbuat apa-apa. Sebab, semua keputusan ada di pusat.

"Kami sudah mengusulkan 265 formasi. Namun usulan itu tidak sepenuhnya diterima kementerian, hanya 96 yang diberikan. Sedangkan, untuk formasi honorer K2 keputusan ada di tangan BKN Pusat," ungkapnya.

Dia mengaku menyayangkan formasi yang didapatkan sangat sedikit, padahal Pemko Banjarbaru masih memerlukan banyak pegawai. "Formasi yang kami usulkan sudah sesuai keperluan. Sayang, banyak yang dikurangi. Termasuk, tenaga kesehatan di rumah sakit," ucapnya.

Sementara bagi honorer K2, Pemko Banjarbaru juga tak bisa memaksakan untuk mengangkat mereka. Karena, semua sudah diatur oleh BKN. "Di Banjarbaru sendiri jumlah honorer K2 yang tercatat di BKN ada 67 orang," ujar pria yang akrab disapa Habib Abdullah ini.

Menurutnya, seandainya ada formasi untuk honorer K2, tak semuanya bisa mendaftar. Sebab, honorer K2 Banjarbaru sebagian besar berusia di atas 35 tahun. "Sekarang kan pemerintah pusat mengatur peserta CPNS maksimal berumur 35 tahun," ungkapnya. (mof/ris/ay/ran)


Dari 265 formasi CPNS 2018 yang diusulkan Pemko Banjarbaru, hanya 96 formasi yang disetujui Kementerian PAN dan RB.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News