Di Daerah Ini Tarif Ojek Rp 350 Ribu Sekali Jalan

Di Daerah Ini Tarif Ojek Rp 350 Ribu Sekali Jalan
Wiwid mengecek motor yang akan dibawanya naik ke Paramasan. Dia membawa 300 liter bensin. Foto: Sutrisno/Radar Banjarmasin/JPNN

jpnn.com - KECAMATAN Paramasan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, tergolong daerah terisolir. Kondisi ini dimanfaatkan oleh warga Desa Kandangan Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), untuk mencari nafkah dengan cara menjadi tukang ojek rute Kandangan-Paramasan.  

SUTRISNO, Kandangan

Berkendara di subuh hari menjadi pemandangan biasa di Desa  Kandangan, HSS. Kala hari masih subuh banyak melintas pengendara menggunakan motor dengan modifikasi seadanya, yaitu menggunakan ban rimba dengan shock tinggi. 

Para pengendara tunggal tersebut membawa berbagai macam barang, ada yang membawa sayur, minyak dan barang lainnya.

Mereka adalah tukang ojek rute Kandangan-Paramasan. Kendaraan mereka sengaja dimodifikasi layaknya motor trail agar mampu melintasi perbukitan di Paramasan. 

Sebab, jalur yang dilewati tidaklah mudah. Banyak bebatuan dan lumpur dengan medan yang selalu menanjak. Selain itu, di sisi kanan dan kiri jalan terdapat jurang.

Karena perjalanan sangat sulit dan berisiko membuat ongkos ojek dipatok tinggi. 

Salah satu pengojek, Dani, menuturkan, ongkos ojek ke Paramasan satu kali naik mereka patok Rp 350 ribu. 

KECAMATAN Paramasan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, tergolong daerah terisolir. Kondisi ini dimanfaatkan oleh warga Desa Kandangan Barat,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News