Di Depan Dubes Inggris, Menko Airlangga Beberkan Kelebihan Kartu Prakerja

Di Depan Dubes Inggris, Menko Airlangga Beberkan Kelebihan Kartu Prakerja
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dalam pertemuan dengan Duta Besar Inggris Owen Jenkins, Presiden COP26 UK Alok Sharma, dan UK COP26 Envoy John Murton, Rabu (16/2), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mencontohkan Kartu Prakerja sebagai salah satu upaya akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan Indonesia dalam sektor perekonomian dan sosial.

"Kartu Prakerja yang telah didistribusikan kepada 11 juta penduduk Indonesia adalah contoh mekanisme digital untuk skilling, reskilling dan upskilling sekaligus sebagai semi-bansos bagi masyarakat yang terdampak pandemi," ujar Airlangga dalam keterangan resminya, Kamis (17/2).

Untuk menunjang upaya transformasi digital Airlangga menekankan pentingnya memastikan ketersediaan infrastruktur/hardware digital seperti jaringan fiber optic agar berbagai platform digital tersebut dapat terjangkau dan mudah diakses.

Transformasi ekonomi digital merupakan salah satu dari prioritas Presidensi G20, selain arsitektur kesehatan global dan transisi energi guna penurunan emisi karbon yang terkait erat dengan kesepakatan COP26 (Konferensi terkait Iklim).

Presidensi G20 Indonesia memandang perlunya langkah konkret bersama di ketiga area tersebut dalam rangka menuju pemulihan global yang berkelanjutan.

Sementara di bidang kesehatan, aspek penting yang diusung Presidensi Indonesia adalah respon global dan inklusif dalam menangani pandemi Covid 19.

Terutama untuk keterjangkauan akses vaksin dan penguatan arsitektur kesehatan global.

Menyangkut transisi energi, Airlangga mengatakan bahwa Indonesia tengah mengkaji mekanisme pembiayaan yang tepat guna mewujudkannya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mencontohkan Kartu Prakerja sebagai salah satu upaya akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan Indonesia dalam sektor perekonomian dan sosial

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News