Di Forum Rektor, Presiden Jokowi: Kesempatan Kita Sangat Sempit

Di Forum Rektor, Presiden Jokowi: Kesempatan Kita Sangat Sempit
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi meminta para rektor untuk memerdekakan mahasiswa agar bisa belajar kepada siapa saja.

Dengan begitu mahasiswa bisa menangkap perubahan terhadap perubahan dunia yang dinamis.

“Fasilitasi mahasiswa agar bisa belajar pada siapa saja. Mahasiswa tidak hanya belajar kepada dosen, tetapi juga belajar kepada pelaku industri, kepada wirausahawan, kepada praktisi pemerintahan, kepada praktisi hukum dan kepada para pelaku lapangan lainnya," kata Presiden Jokowi saat membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) – Konvensi Kampus XVI dan Temu Tahunan XXII secara virtual, Sabtu (4/7).

Jokowi berharap para pemangku kebijakan dapat melakukan perubahan-perubahan dengan mengembangkan cara-cara dan strategi baru yang optimal.

“Tugas mulia ini tidak bisa hanya dilakukan dengan rutinitas dan cara-cara biasa, apalagi hanya disibukkan dengan administrasi. Kesempatan kita sangat sempit,” terangnya.

Presiden juga mengajak para pemimpin perguruan tinggi untuk lebih aktif meningkatkan kerja sama dengan industri termasuk dengan kawasan industri terdekat.

Tidak hanya mendapatkan pengalaman bekerja bagi mahasiswa, tetapi bekerja sama untuk penelitian, pengembangan teknologi, pengembangan ilmu murni serta riset dan pengembangan di dunia industri.

“Jika ada kawasan industri terdekat ajak segera bekerja sama. Buka fakultas atau departemen atau program studi yang karakter keilmuannya dekat dengan jenis industri di kawasan tersebut,” tegasnya.

Presiden Jokowi mengajak para rector ntuk lebih aktif meningkatkan kerja sama dengan industri termasuk dengan kawasan industri terdekat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News