Di Hadapan Mahasiswa, Menko Airlangga Beber Upaya Pemerintah Terkait Hilirisasi SDA

Di Hadapan Mahasiswa, Menko Airlangga Beber Upaya Pemerintah Terkait Hilirisasi SDA
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri kegiatan Ekon Goes to Campus di Bandar Lampung pada Senin (11/12). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan Indonesia memiliki modal besar mencapai visi Indonesia Emas 2045 dengan ketahanan ekonomi kuat di tengah ketidakpastian global.

Menko Airlangga menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia telah kembali ke level pre-Covid di kisaran 5 persen, selama 8 kuartal berturut dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara kunci pada kegiatan Ekon Goes to Campus di Bandar Lampung pada Senin (11/12).

Di Hadapan Mahasiswa, Menko Airlangga Beber Upaya Pemerintah Terkait Hilirisasi SDA

“Saya senang dapat berada di tengah-tengah sekitar 400 mahasiswa ilmu politik yang terdaftar dari 28 universitas seluruh Indonesia. Ini penting untuk adik-adik ketahui bahwa kita menghadapi masa ke depan, yaitu masa dari periode selanjutnya daripada pembangunan Indonesia,” kata Menko Airlangga.

Di hadapan mahasiswa, Menko Airlangga menyampaikan pemerintah juga sedang mendorong optimalisasi hilirisasi dengan didukung potensi sumber daya alam Indonesia yang melimpah, seperti agriculture dan mineral.

Selain itu, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2023 tentang Devisa Hasil Ekspor dalam rangka menjalankan amanat Pasal 33 Ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

“Jadi yang kekayaan alam bukan hanya barang yang kilo-kiloan, tetapi nilai rupiahnya berapa. Itu yang harus dimafaatkan seluruhnya untuk kepentingan negara,” tegas Menko Airlangga.

Menko Airlangga menyampakan sejumlah hal saat menghadiri kegiatan Ekon Goes to Campus di Bandar Lampung, salah satunya terkait hilirisasi SDA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News