Di Hadapan Tokoh Dunia, AHY Sampaikan 3 Pandangan untuk Mencegah Krisis di Masa Depan

Di Hadapan Tokoh Dunia, AHY Sampaikan 3 Pandangan untuk Mencegah Krisis di Masa Depan
Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) mengikuti rangkaian dialog pada pertemuan para mantan kepala negara yang tergabung dalam Club de Madrid (CdM) di Bertelsmann Representation, Unter den Linden 1, Berlin, Selasa (1/11) waktu setempat. Foto: The Yudhoyono Institute

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti rangkaian dialog pada pertemuan para mantan kepala negara yang tergabung dalam Club de Madrid (CdM) di Berlin selama dua hari.

AHY menilai forum tersebut telah mencapai kesepakatan bahwa dunia memang sedang mengalami krisis multidimensi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan AHY pada sesi VI forum diskusi di Bertelsmann Representation, Unter den Linden 1, Berlin, Selasa (1/11) waktu setempat.

“Spektrumnya sangat luas, mulai dari perang di Ukraina, geopolitik dan keamanan internasional, krisis energi, perubahan iklim, komitmen net-zero, krisis pangan global, krisis utang, hingga peran lembaga multilateral yang semakin berkurang,” ujar AHY di hadapan para tokoh dunia.

Untuk mencegah krisis ini terjadi makin jauh, menurut AHY tidak ada cara ajaib untuk menyelesaikan.

“Tidak ada resep rahasia. Namun, izinkan saya untuk menyampaikan tiga catatan yang saya yakin akan sangat penting bagi upaya kita dalam membekali diri untuk mencegah krisis terjadi di masa depan,” kata AHY.

Pertama, menurut AHY, kita tidak boleh menunggu sampai krisis dimulai sebelum kita melakukan sesuatu.

Menurut AHY, di dunia yang penuh ketidakpastian, pencegahan dan kesiapsiagaan akan menjadi makin penting.

AHY saat pertemuan dengan sejumlah tokoh dunia menyampaikan tiga pandangan untuk mencegah krisis di masa depan. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News