Di HKN ke-58, Kemenkes Anugerahi Tjiwi Kimia Penghargaan Mitra Bakti Husada

Di HKN ke-58, Kemenkes Anugerahi Tjiwi Kimia Penghargaan Mitra Bakti Husada
Kemenkes menganugerahi Tjiwi Kimia penghargaan Mitra Bakti Husada pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58. Foto: dok. Tjiwi Kimia

jpnn.com, JAKARTA - PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia) meraih penghargaan Mitra Bakti Husada dari Kementerian Kesehatan terkait Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP).

Penganugerahan ini merupakan rangkaian peringatan hari kesehatan nasional (HKN) ke-58 dalam rangka meningkatkan perlindungan pekerja.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha didampingi Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Maria Endang Sumiwi ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada mitra serta perusahaan  yang peduli terhadap kesehatan pekerja, khususnya perempuan. 

Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa dalam sambutannya menjelaskan bahwa GP2SP merupakan perwujudan dari beberapa peraturan pemerintah. Seluruh perusahaan wajib menyelenggarakan upaya kesehatan menyeluruh yang mencakup peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, deteksi dini, dan penanganan penyakit serta pemulihan kesehatan.

Dia menegaskan pekerja perempuan memiliki peran ganda sebagai seorang ibu, oleh karena itu implementasi gerakan GP2SP tidak hanya berperan meningkatkan kesehatan dan produktivitas, tetapi juga berperan dalam mencapai indikator pembangunan lainnya.

"Sebab, seorang ibu yang sehat akan melahirkan para generasi penerus bangsa berkualitas," Kunta di Jakarta, Kamis (17/11).

Sementara itu, Direktur Utama Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata menyambut baik penghargaan yang diberikan Kemenkes. Penghargaan ini merupakan wujud upaya dan dukungan perusahaan dalam meningkatkan kualitas kesehatan para pekerja, khususnya kaum perempuan (di lingkup perusahaan).

Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas itu menerapkan beragam program dalam mendukung gerakan GP2SP. Sebut saja kebijakan terhadap pekerja wanita bekerja nonshift, penggunaan wajib APD lengkap, pelayanan kesehatan dengan bekerja sama dengan Rumah Sakit Citra Medika dan beberapa puskesmas. Di samping sosialisasi dan penyuluhan kesehatan dari nakes profesional.

Di HKN ke-58, Kemenkes menganugerahi Tjiwi Kimia penghargaan Mitra Bakti Husada karena peduli pekerja perempuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News