Di Jatim, PKB dan PDIP Sungguh Luar Biasa

Di Jatim, PKB dan PDIP Sungguh Luar Biasa
Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Foto: Humas MPR

jpnn.com, SURABAYA - Perolehan suara PDIP dan PKB pada Pemilu 2019 di Jatim benar-benar mendominasi. Tak hanya menguasai perebutan kursi DPR RI maupun DPRD Jatim, dua parpol itu menguasai perolehan kursi di DPRD kabupaten/kota.

Hal tersebut terlihat dari hasil proyeksi perhitungan kursi berdasar hasil rekapitulasi KPU di 38 kabupaten/kota se-Jatim. Jika tak ada perubahan signifikan, dua parpol itu menguasai hampir 40 persen dari jatah kursi DPRD tingkat dua di seluruh daerah di provinsi tersebut.

Pada Pemilu 2019 tingkat kabupaten/kota di Jatim, total ada 1.695 kursi DPRD tingkat dua yang diperebutkan di 38 kabupaten/kota.

Dari hasil perhitungan dengan metode sainte lague berdasar rekapitulasi di setiap daerah, PKB diproyeksikan bakal memperoleh 324 kursi atau 19,1 persen.

BACA JUGA: Intelijen Gagalkan Penyelundupan Senjata untuk 22 Mei 2019

Bukan hanya itu. PKB juga menjadi partai terbanyak yang memenangi kontestasi Pemilu 2019 DPRD kabupaten/kota. Parpol itu meraih kemenangan di 17 daerah di Jatim. Karena itu, mereka bakal menempatkan calegnya menjadi ketua DPRD di wilayah-wilayah tersebut.

Sementara itu, PDIP menjadi pemenang kedua untuk perebutan kursi DPRD kabupaten/kota. Parpol tersebut mendapat jatah 316 kursi atau 18,6 persen. Partai itu menjadi peraih kursi terbanyak di 16 kabupaten/kota.

Tak jauh beda dengan pemilu sebelumnya, dua partai tersebut begitu dominan di wilayah yang selama ini jadi basis mereka. Seperti PDIP, yang sangat berjaya di kantong-kantong suara mereka.

Dominasi PDIP dan PKB di Jatim benar-benar terasa dalam Pemilu 2019, mereka mendominasi kursi di DPRD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News