Di Ketapang, Warga Korea Bernama Kim Soh Yon Nyaris Punya KK

Di Ketapang, Warga Korea Bernama Kim Soh Yon Nyaris Punya KK
Kantor KPU. Foto: JPG/JPNN.com

jpnn.com, KETAPANG - KPU Ketapang mengaku mendapatkan informasi terkait adanya warga negara asing (WNA) yang masuk dalam draf kartu keluarga (KK) pada salah satu keluarga di Ketapang. WNA tersebut berasal dari Korea dan berjenis kelamin perempuan.

Anggota KPU Ketapang, Jami Surahman mengatakan, ditemukannya WNA yang diduga masuk dalam KK tersebut berdasarkan laporan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ketapang. "Yang melapor itu kepala dinasnya," katanya, seperti diberitakan Pontianak Post (Jawa Pos Group).

Dia menjelaskan, Kadisdukcapil memberitahukan bahwa ada WNA yang masuk di database kependudukan. Pihak KPU kemudian meminta data tersebut.

"Setelah dicek, WNA yang bersangkutan ini KK-nya dikeluarkan masih belum ditandatangani oleh kepala dinas. KK-nya masih dalam bentuk draf," jelasnya.

BACA JUGA: Sebanyak 109 WNA Punya KTP Bekasi

Di dalam draf KK tersebut, WNA tersebut berasal dari Korea dan berjenis kelamin perempuan atas nama Kim Soh Yon. Dia masuk dalam KK salah satu warga Jalan Merdeka Kelurahan Kantor Kecamatan Delta Pawan. Yang bersangkutan merupakan istri dari kepala keluarga dan mempunyai tiga anak.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk memastikan apakah dia masih berstatus WNA atau sudah WNI, hari ini KPU bersama Bawaslu dan Capil akan melakukan rapat koordinasi.

"Kami akan melakukan koordinasi apakah KTP Elektronik yang bersangkutan ini sudah dikeluarkan oleh capil atau belum. Kalau memang sudah dikeluarkan oleh capil, kami akan melakukan vaktual dengan yang bersangkutan. Sejak kapan dia berada di Indonesia, kemudian apakah sudah berubah status menjadi WNI," ungkapnya.

WNA dari Korea berjenis kelamin perempuan, Kim Soh Yon, namanya sudah masuk draf KK di Ketapang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News