Di Lamongan, Atikoh Ganjar Sampaikan Hal ini kepada Pelaku UMKM Naik Kelas

Di Lamongan, Atikoh Ganjar Sampaikan Hal ini kepada Pelaku UMKM Naik Kelas
Istri Calon Presiden RI (Capres RI) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh meminta para pelaku UMKM untuk memperhatikan standardisasi serta sertifikasi terkait produk. Foto: Tim Dokumentasi Siti Atikoh

jpnn.com, LAMONGAN - Istri Calon Presiden RI (Capres RI) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh meminta para pelaku UMKM untuk memperhatikan standardisasi serta sertifikasi terkait produk.

Hal itu disampaikannya saat bertemu pelaku usaha kreatif dan UMKM di Lamongan, Jawa Timur, Rabu (20/12), dalam rangka Safari Politik Jateng-Jatim sejak 17 Desember lalu.

Dalam pertemuan itu, Atikoh Ganjar sempat menyerahkan fasilitas Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi halal dan kompetensi kepada pelaku UMKM di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Para pelaku usaha yang hadir merupakan peserta pembinaan dan pengampuan Gerai UMKM Lamongan.

Atikoh mengatakan fasilitasi ini merupakan bentuk kepedulian PDI Perjuangan terhadap UMKM di Kabupaten Lamongan. Dengan memiliki NIB, pelaku UMKM dapat mengakses berbagai fasilitas dan program pemerintah, seperti permodalan, NPWP, dan pelatihan.

"NIB ini penting agar UMKM bisa naik kelas. Karena kalau izin berusahanya sudah terdaftar nanti bisa untuk mengakses fasilitas-fasilitas dan program-program yang lain," ujar Atikoh.

Selain itu, Atikoh juga menjelaskan sertifikasi halal penting untuk melindungi konsumen. Dengan memiliki sertifikasi halal, produk UMKM akan lebih dipercaya oleh konsumen.

"Sertifikasi halal itu juga, selain melindungi mereka sendiri, juga melindungi konsumen juga, sehingga di fasilitasi ini insyaallah nanti pemasarannya akan meningkat. Dan mereka juga bisa meningkatkan kualitas produk-produknya," imbuhnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan Husen mengatakan Gerai UMKM Lamongan telah melakukan pendampingan mengurus NIB, sertifikasi halal, SNI, kompetensi, PIRT, dan BPOM selama tiga bulan terakhir.

Atikoh mengatakan fasilitasi ini merupakan bentuk kepedulian PDI Perjuangan terhadap UMKM di Kabupaten Lamongan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News