Di Merkurius Pernah Ada Lautan Magma

Di Merkurius Pernah Ada Lautan Magma
Di Merkurius Pernah Ada Lautan Magma
PARA ilmuwan mengungkapkan penemuan terbaru mereka, dengan menyatakan bahwa ada lautan luas magma di planet Merkurius. Penemuan ini setelah melakukan analisis data dari pesawat NASA yang mengorbit, MESSENGER (MErcury Surface, Space ENvironment, GEochemistry, and Ranging).

Pesawat tersebut telah mengirimkan data-data yang awalnya sempat membingungkan para ilmuwan. Karena dari gambar yang terlihat, menunjukan adanya satuan kimia berbeda di antara bebatuan. Namun setelah diteliti, perbedaan itu mungkin disebabkan ada bekas lautan luas magma yang menciptakan lapisan kristal.

Diperkirakan oleh para ilmuwan dari tim MIT (Massachusetts Institute of Technology), Merkurius telah memiliki lautan magma sejak awal terbentuknya, sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Untuk membuktikan temuan mereka, tim peneliti menggunakan data komposisi untuk menciptakan dua jenis batuan di laboratorium. Masing-masing batu dicoba dalam suhu tinggi dan tekanan untuk mensimulasikan proses geologi yang beragam. Dari eksperimen mereka, para ilmuwan akhirnya menemukan jawaban yang sama dengan fenomena gambar yang mereka lihat dari Merkurius.

PARA ilmuwan mengungkapkan penemuan terbaru mereka, dengan menyatakan bahwa ada lautan luas magma di planet Merkurius. Penemuan ini setelah melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News