Di Inggris, SIM Mati Bisa Diperpanjang Secara Otomatis

Di Inggris, SIM Mati Bisa Diperpanjang Secara Otomatis
SIM di Inggris. Foto: Daily Mail

jpnn.com, JAKARTA - Tak hanya di Indonesia layanan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) sempat tutup karena pandemi covid-19, tetapi di berbagai negara lain juga mengalami hal yang sama salah satunya ialah Inggris.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (5/6), ada sekitar 1,4 juta pengendara yang harus memperpanjang masa berlaku SIM-nya. Di Inggris SIM berlaku selama 10 tahun yang bisa diperbarui setiap satu dekade.

Namun karena pandemi Corona ini, Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA) memberikan dispensasi kepada pemegang SIM yang masa berlakukanya habis di masa pandemi.

Dia mengatakan, bagi SIM yang mati antara 1 Februari hingga 31 Agustus secara otomatis akan diberikan perpanjangan masa berlaku hingga 7 bulan.

Langkah tersebut dilakukan lantaran pihak DVLA kewalahan memproses permintaan warga.

"Perpanjangan ini akan memudahkan pengemudi yang perlu memperbarui SIM mereka. Ini berarti selama mereka memiliki SIM yang valid pengemudi akan dapat terus melakukan perjalanan penting," kata Chief Eksekutif DVLA Julie Lennard.

Dia menjelaskan, perpanjangan ini otomatis sehingga pengemudi tidak perlu melakukan apa-apa.

Nantinya setiap pemegang SIM akan diingatkan dengan dikirim surat pengingat untuk memperpanjang SIM sebelum ekstensi berakhir. (mg9/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Tak hanya di Indonesia layanan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) sempat tutup karena pandemi covid-19.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News