Di Tengah Aturan Equalizer, Pembalap Indonesia AHRT Juarai ARRC 2019 Malaysia Kelas AP250

Di Tengah Aturan Equalizer, Pembalap Indonesia AHRT Juarai ARRC 2019 Malaysia Kelas AP250
Podium seri ke-6 ARRC 2019 Malaysia kelas AP250. Foto: Ridha/JPNN

jpnn.com, MALAYSIA - Balapan pertama seri ke-6 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 di Sepang International Circuit, Malaysia, Sabtu (21/9), berjalan mulus.

Pembalap Indonesia binaan Astra Honda Racing Team (AHRT), di kelas AP250 sukses mengibarkan bendera merah putih, melalui tangan Irfan Ardiansyah. Ini menjadi hasil terbaik pertamanya.

Memulai balapan dari posisi kelima tidak lantas membuat Irfan kehilangan percaya diri. Pada lap-lap akhir, Irfan memberanikan diri menusuk ke baris terdepan yang diisi pembalap asal Thailand, Muklada Sarapuech (A.P Honda Racing Thailand), Awhin Sanjaya (AHRT), dan Andy Muhammad Fadly (Manual Tech KYT Kawasaki Racing).

Balapan di kelas AP250 terbilang menarik karena dinamika aturan equalizer. Di mana, empat pembalap top klasemen sementara AP250, Andy, Irfan, Awhin, dan Muklada telah mendapat potongan limit RPM (rotasi per menit) mesin sebanyak 500 Rpm.

Hal itu memaksa pembalap dan tim mengatur strategi lapangan secara ketat.

"Tadi saya sempat menahan, mengingat potongan limit RPM yang sudah saya dapat. Tetapi melihat ada peluang bisa masuk ke paling depan, ya udah saya push aja," ungkap Irfan usai balapan kepada JPNN, Sabtu (21/9).

Delapan putaran yang harus diselesaikan sukses dituntaskan oleh Irfan dengan catatan waktu tercepat 19 menit 45.110 detik. Lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berkumandang di atas podium Sirkuit Sepang.

Posisi kedua diisi oleh Muklada dengan selisih waktu 0.241 detik, dan ketiga ada Rapid Topan yang juga merupakan pembalap muda Indonesia.

Di tengah dinamika aturan equalizer, pembalap Indonesia binaan Astra Honda Racing Team (AHRT), Irfan Ardiansyah sukses menuntaskan balapan pertama (race 1) kelas AP250 pada seri ke-6 ARRC 2019 Malaysia, sebagai juara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News