Di Tengah Era Digital, Koran Lokal Australia Terus Berkembang

Di Tengah Era Digital, Koran Lokal Australia Terus Berkembang
Menurut Lucie Peart (kanan), beberapa media lokal dan regional di Australia malah bertambah maju sekarang. (ABC Western Plains: Jen McCutcheon)

Rumor matinya media cetak dan koran regional di Australia menurut Lucie Peart terlalu dibesar-besarkan.

Sebagai manajer pelaksana koran Gilgandra Newspapers, Lucie sekarang malah akan meluncurkan koran daerah kelima di kawasan barat di negara bagian New South Wales yang beribu kota Sydney.

"Kami mencari tiga orang staf baru. Dan ketika kami memasang iklan, ada 200 lowongan kerja lain dengan posisi 'wartawan'," katanya.

"Ada banyak lowongan pekerjaan untuk wartawan saat ini, suatu hal yang bagus, namun juga berarti kita kekurangan orang di bidang ini."

Industri media baik di Australia maupun di berbagai belahan dunia lainnya mengalami perkembangan besar selama 10 tahun terakhir dengan adanya internet.

Banyak perusahaan yang berhenti mencetak koran dan beralih ke edisi digital sehingga mengakibatkan penghentian karyawan besar-besaran.

Minggu lalu, salah satu kelompok media terbesar di Australia, News Corp, mengumumkan PHK bagi sekitar lima persen staf di seluruh divisi koran di berbagai daerah.

Berita PHK di koran-koran besar yang diterbitkan kebanyakan dari ibu kota negara bagian berbeda dengan keadaan di koran-koran komunitas regional yang terbit di kota-kota kecil di Australia.

Sementara banyak koran nasional di Australia menutup kantor perwakilan mereka di daerah atau pindah ke edisi digital, koran komunitas terus berkembang

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News