Di Tengah Pandemi, Imbauan Syekh Ali Jaber Menyejukkan

Di Tengah Pandemi, Imbauan Syekh Ali Jaber Menyejukkan
Syekh Ali Jaber. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang Ramadan, pendakwah Syekh Ali Jaber mengimbau masyarakat khususnya umat Islam untuk tidak mudik tahun ini, mengingat masih dalam situasi pandemi COVID-19.

"Jangan mudik. Kita utamakan kesehatan orang tua dan orang yang rentan," kata Syekh Ali dalam jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (21/4).

Dia mengatakan tidak mudik pada lebaran tahun ini dapat menjadi sarana mencegah penyebaran COVID-19. Sarana silaturahim yang biasa dilakukan dengan mudik dapat diganti dengan menyapa lewat daring.

Syekh Ali menegaskan dirinya juga tidak mudik ke Madinah, Arab Saudi, tempat asalnya dan kota orang tuanya tinggal. Dia paham mengenai potensi penyebaran COVID-19 kepada orang di sekitar bahkan dari orang yang nampak sehat sekalipun.

"Saya putuskan tidak mudik meski ada kesempatan. Tetapi saya tidak mau, bukan saya tidak butuh silaturahim. Orang tua kita adalah surga di dunia," kata dia

Dia mengaku sedih tidak dapat pulang kampung tetapi demi kebaikan bersama memutus rantai penularan COVID-19 maka tidak mudik harus dilakukan oleh setiap pihak di masa pandemi.

"Kita tidak mau tinggalkan mereka (orang tua) tetapi kondisi saat ini membuat kita tidak melakukan itu. Silaturahim bisa lewat video call. Mudik kita tahun ini agar tidak ke mana-mana tetap di rumah," katanya.

Ali setuju dengan pernyataan sejumlah ahli, bahwa COVID-19 bukan merupakan penyakit yang remeh sehingga harus dihadapi dengan cara-cara yang tidak sederhana.

Pendakwah Syekh Ali Jaber ikut mendukung pemerintah dan mengimbau masyarakat khususnya umat Islam untuk bersatu melawan pandemi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News