Diabetes di Indonesia Meningkat Tapi Belum Tentu Ikuti Rekomendasi Medis

Diabetes di Indonesia Meningkat Tapi Belum Tentu Ikuti Rekomendasi Medis
Diabetes di Indonesia Meningkat Tapi Belum Tentu Ikuti Rekomendasi Medis

Sebuah studi terbaru di Australia menunjukkan sejumlah warga Indonesia yang hidup dengan diabetes belum tentu mengikuti rekomendasi pihak medis, karena sejumlah faktor seperti kondisi finansial.

Kebanyakan dari mereka juga pertama kali mendapatkan informasi soal gula dan diabetes dari keluarga dan teman-temannya, demikian penemuan lainnya dalam studi tersebut.

Penelitian ini dilakukan oleh Titan Ligita dari Universitas Tanjungpura, Pontianak yang juga baru menyelesaikan program Doktor di James Cook University dan telah dimuat di jurnal sains internasional 'PLOS One' bersama sejumlah akademisi lainnya.

"Jadi ada pasien yang memang mendapatkan informasi dan terapi dari dokter, tapi setelah itu mereka mendapatkan terapi dari orang lain," kata Titan kepada ABC Indonesia.

Diabetes di Indonesia Meningkat Tapi Belum Tentu Ikuti Rekomendasi Medis Photo: Mereka yang hidup dengan diabetes perlu mengukur kadar gula secara teratur, dengan alat yang kini mudah dimiliki. (ABC Tropical North: Sophie Meixner)

Sejumlah bukti temuan dalam studi ini menunjukkan keputusan pasien diabetes untuk tidak mengikuti petunjuk medis juga disebabkan oleh lokasi dimana mereka tinggal dan mendengar apa yang direkomendasikan oleh keluarga dan teman mereka.

"Selain itu ada pula alasan-alasan psikologi seperti rasa ketakutan untuk menyuntikkan diri insulin," jelas Titan yang juga mengatakan kasus diabetes di Indonesia tergolong tinggi dan cenderung meningkat.

Diantara mereka yang terlibat dalam studi tersebut juga ada yang merasa tidak ada mengalami kemajuan dalam kesehatannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News