Diaspora Adalah Aset Bangsa, Harus Diperlakukan Secara Baik

Diaspora Adalah Aset Bangsa, Harus Diperlakukan Secara Baik
Sejumlah narasumber dalam diskusi bertema Peran dan Pemberdayaan Diaspora bagi Kebijakan Luar Negeri Indonesia yang digelar Laboratorium Ilmu Politik Universitas Bakrie pada Rabu (22/5/2024). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Staf Ahli Menpora RI urusan Kepemudaan dan Olahraga Hamdan Hamedan merespons munculnya pro dan kontra pemberdayaan diaspora Indonesia di luar negeri.

Menurutnya, keberdaan diaspora luar negeri sangat penting untuk Indonesia.

Hal itu Hamdan sampaikan dalam diskusi bertema Peran dan Pemberdayaan Diaspora bagi Kebijakan Luar Negeri Indonesia yang digelar Laboratorium Ilmu Politik Universitas Bakrie pada Rabu (22/5/2024).

Diskusi dihadiri oleh tiga narasumber yaitu; Muhsin Syihab (Staf Ahli Menlu RI bidang Hubungan AntarLembaga), dan Muhammad Badaruddin (Dosen Ilmu Politik Universitas Bakrie).

Kegiatan Diskusi ini dipandu oleh Yeyen Rostiani (Praktisi Media / Dosen Ilmu Politik Universitas Bakrie).

Pada kegiatan tersebut, para narasumber bersepakat tentang pentingnya Diaspora di luar negeri bagi negara.

Namun demikian, untuk mengoptimalkan pemberdayaan dan peran Diaspora Indonesia di luar negeri bagi pembangunan di Indonesia masih terdapat tantangan-tantangan yang ditemui.

“Saat ini, terdapat pro dan kontra serta kurangnya literasi mengenai diaspora di Indonesia,” tegas Hamdan saat menjelaskan tantangan mengenai pemberdayaan Diaspora di Indonesia.

Staf Ahli Menpora RI urusan Kepemudaan dan Olahraga Hamdan Hamedan merespons munculnya pro dan kontra pemberdayaan diaspora Indonesia di luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News