Dibawa ke Peristirahatan, Endeavour Bikin Kemacetan

Dibawa ke Peristirahatan, Endeavour Bikin Kemacetan
Pemindahan Endeavour dari Bandara LAX, Los Angeles menuju California Science Centre. Foto: Getty Images/The SUN
LOS ANGELES - Pesawat luar angkasa milik Amerika Serikat (AS), Endeavour akhirnya diistirahatkan untuk selamanya. Pesawat yang selama dua dekade keberadaannya telah menempuh jarak 115 juta mil itu kini menjadi penghuni California Science Centre di Los Angeles.

Endeavour tiba di bandara LAX, Los Angeles, tiga pekan lalu, dengan menumpang Boeing 747 yang didisain khusus. Sejak itu, Endeavour berada di dalam hanggar bandara LAX.

Namun semalam sebelum dimuseumkan, Endeavour membuat jalanan di LA macet dan kacau. Untuk menempuh jarat antara LAX hingga California Science Centre yang berjarak 12 mil, pemindahan Endeavour yang digelindingkan dengan truk khusus itu butuh waktu hingga dua hari.

Tak hanya itu, 400 pohon di kanan-kiri jalanan yang dilintasi Endeavour harus dipangkas, hingga memicu protes dari warga setempat. Belum lagi, jaringan kabel listrik di LA juga dimatikan demi melancarkan pemindahan pesawat berbobot 78 ton yang mampu melintas hingga kecepatan 2 mach per jam itu menuju tempatnya terakhir. Saat pembawa Endeavour berbelok, beberapa bangunan terpaksa dipangkas hingga beberapa inch.

LOS ANGELES - Pesawat luar angkasa milik Amerika Serikat (AS), Endeavour akhirnya diistirahatkan untuk selamanya. Pesawat yang selama dua dekade

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News