Dibayar dan Kesempatan Jalan ke Luar Negeri Karena Mendengarkan Radio

Dibayar dan Kesempatan Jalan ke Luar Negeri Karena Mendengarkan Radio
Dibayar dan Kesempatan Jalan ke Luar Negeri Karena Mendengarkan Radio

Bagi sebagian orang mendengarkan radio mungkin sudah hobi, ataupun keinginan mendapatkan informasi. Namun bagi Rudy Hartono, hobi tersebut membuatnya bisa melakukan perjalanan ke luar negeri beberapa kali dan juga mendapatkan bayaran.

Mendengarkan Radio Luar Negeri

Rudy Hartono sekarang ini tinggal di Pemangkat, sebuah kota berjarak 140 km dari ibukota provinsi Kalimantan Barat, Pontianak, namun bulan Maret lalu berkunjung ke Melbourne dan Sydney.

Rudy Hartono adalah salah seorang yang aktif mendengarkan siaran radio luar negeri, dan karena itu, dia sudah mengunjungi beberapa negara, atas undangan radio luar negeri negara tersebut ataupun atas biaya sendiri.

Dia juga adalah salah satu pendengar yang mendapat bayaran tiap bulan sebesar 5 ribu yen Jepang (sekitar Rp 600 ribu) dari Radio NHK Jepang karena posisinya sebagai apa yang disebut Monitor Teknik bagi radio tersebut, yang memiliki siaran dalam bahasa Indonesia.

Sejauh ini, Rudy sudah mengunjungi 7 negara karena kecintaannya mendengarkan siaran radio luar negeri.

Dibayar dan Kesempatan Jalan ke Luar Negeri Karena Mendengarkan Radio Photo: Rudy Hartono bersama istrinya di kantor ABC di Melbourne (Supplied)

"Saya mulai mendengar radio sejak tahun 1988, ketika itu masih kelas 1 SMP. Itupun mendengar radio dari radio tetangga. Sebab ayah saya tak mampu membeli radio," kata Rudy kepada wartawan ABC Indonesia Sastra Wijaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News