Dibuka Jokowi, Rakernas PAN Bakal Kritisi Perpu Kebiri

Dibuka Jokowi, Rakernas PAN Bakal Kritisi Perpu Kebiri
Ketua DPP PAN Yandri Susanto. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA-Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 27-30 Mei mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun dipastikan akan membuka acara tersebut. 

"Besok Rakernas akan diawali dengan workshop. Untuk kemudian ada Silatnas (Silaturahmi Nasional) para legislatif dan kader PAN. Dan pembukaan Rakernas pada Minggu (29/5) akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi di JI Expo Kemayoran," kata Ketua DPP Yandri Susanto dalam jumpa pers Persiapan Rakernas di Kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (26/5).

Menurut Yandri, acara Rakernas ini didalamnya akan membahas berbagai isu aktual dan politik. Salah satunya yang saat ini sedang fenomenal adalah mengenai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) soal kebiri kepada pelaku seksual, yang pada Rabu (25/5) disahkan oleh Presiden Jokowi.

Secara pribadi, dirinya berpendapat bahwa Perppu kebiri wajib dibahas karena masih memiliki kelemahan dalam memberi efek jera bagi para pelaku ataupun orang-orang yang akan berbuat. "Misal ada klausul yang akan memperberat hukuman pelaku jika korbannya terbunuh. Kalau menurut saya, semua pelaku walau korbannya tidak meninggal juga wajib diberi hukuman berat. Nanti ini akan menjadi celah bagi para pelaku untuk terhindar sanksi berat," tegasnya.

Selain itu, di dalam Perppu ini juga tidak memperhatikan terhadap masa depan korban. "Perlu juga diperhatikan nasib korbannya. Intinya banyak hal yang masih perlu dikritisi dari Perppu ini. Dan di dalam Rakernas ini akan dibahas sikap kita terhadap Perppu itu nantinya," tegasnya.

Sementara Ketua SC Rakernas Didik J Rachbini menjelaskan bahwa rakernas sedikitnya akan dihadiri oleh 2.200 orang. Mulai dari kader, anggota legislatif dan peninjau. "Selain isu nasional, ada sekitar 23 peraturan partai yang akan disempurnakan. Kita akan undang eksekutif yang diusung pan dalam pilkada. Termasuk pimpinan parpol," ungkapnya.

Selain Yandri dan Didik, hadir pula sejumlah elite DPP PAN, antara lain, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Ketua DPP PAN Noviantika Nasution dan Ketua DPP PAN Andi Yuliani Paris hadir dan Wasekjen PAN Soni Sumarsono. (dli/dil/jpnn)

JAKARTA-Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 27-30 Mei mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun dipastikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News