Dibutuhkan 30 Ribu Tenaga Kerja Perkeretaapian

Dibutuhkan 30 Ribu Tenaga Kerja Perkeretaapian
Menristekdikti Mohamad Nasir saat membuka resmi prodi D-IV Teknik Perkeretaapian PNM. Foto: Mesya Mohamad/JPNN.com

jpnn.com, MADIUN - Potensi di bidang perkeretaapian di Indonesia sangat besar. Ini ditandai dengan makin banyaknya penumpang yang menggunakan jasa kereta api. Sayangnya itu tidak diimbangi dengan sumber daya manusianya (SDM).

Melihat potensi itulah Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir memberikan mandat kepada Politeknik Negeri Madiun (PNM) untuk membuka program studi (Prodi) D-IV Teknik Perkeretaapian.

"Ini adalah prodi pertama di Indonesia. Pembukaan prodi ini untuk mendukung pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia di bidang perkeretaapiaan dan rencananya akan dibuka pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini," terang Menteri Nasir di Kampus PNM, Madiun, Jumat (8/6).

Nasir mengatakan, pemerintah memberikan mandat kepada PNM untuk membuka program studi perkeretaapian mengingat perkembangan transportasi kereta api kian meningkat. Seperti pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung, MRT, dan LRT di Palembang yang menjadi program prioritas pemerintah.

"Problemnya perkeretaapian Indonesia belum didukung SDM berkualitas. Baik itu pengoperasiannya yang ada di API (Akademi Perkeretaapian Indonesia) maupun industri perkeretaapian yang ada di PT. INKA (PT Industri Kereta Api)," ujarnya.

Nasir melihat kebutuhan akan SDM untuk menunjang perkembangan perkeretaapian Indonesia sangat besar sekali. Untuk itu diperlukan sinergi antar kementerian seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan Kementerian Perindustrian.

"Yang tidak kalah penting masalah peningkatan kapasitas SDM. Nanti kami akan mengirimkan engineer PT INKA ke Tiongkok. Ada 15 orang yang akan dikirim untuk belajar pengembangan kereta api cepat," ucap Nasir.

Nasir pun mengingatkan untuk model pembelajarannya nanti agar dirancang tidak seperti kelas biasa, tapi langsung berhadapan dengan laboratorium. Untuk tenaga pendidiknya akan melibatkan praktisi dari PT INKA yang memiliki sekitar 142 ahli di bidang perkeretaapian.

Dibutuhkan sekitar 30 ribu orang tenaga kerja dibidang perkeretapian, dimana per tahun butuh 3.000 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News