Senin, 19 Agustus 2019 – 08:28 WIB

Dicanangkan Mega Diputuskan SBY, Inilah Hari Musik Nasional

Senin, 09 Maret 2015 – 12:17 WIB
Dicanangkan Mega Diputuskan SBY, Inilah Hari Musik Nasional - JPNN.COM

Ilustrasi. Foto:twitter

JAKARTA - Mungkin masih banyak yang belum menyadari, hari ini tanggal 9 Maret adalah Hari Musik Nasional. Bahkan mungkin para musisi papan atas nasional ada yang lupa hari ini adalah Hari Musik Nasional.

Hari Musik Nasional sendiri sempat memunculkan perdebatan. Di era siapa HMN ini resmi ditetapkan? Apakah Megawati Soekarnoputri, atau Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)? 

Diracik dari berbagai sumber, Hari Musik Nasional sudah dicanangkan oleh mantan Presiden Megawati semasa kepemimpinannya tahun 2003. Dibentuknya Hari Musik Nasional tercipta atas dasar penetapan dari usulan Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) akan maraknya kasus pembajakan yang terjadi terhadap hasil karya mereka. 

Mega sendiri baru memencet tombol tanda Hari Musik Nasional resmi dicanangkan pada 10 Maret 2003. 

Namun dari berbagai sumber juga, Mega saat itu tidak menjabarkannya lewat sebuah Keputusan Presiden. 

Nah, di saat SBY memimpin negara ini barulah Kepres dibuat, yakni Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013 yang menetapkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.

Terlepas dari sejarahnya itu, satu benang merah yang dapat ditarik, pemilihan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional adalah karena bertepatan dengan tanggal lahir pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman, yang lahir pada pada tanggal 9 Maret 1903.

Tanggal lahir WR Supratman ini sendiri sempat menjadi perdebatan panjang. Bahkan, Pengadilan Negeri Purworejo pada 29 Maret 2007 sudah menetapkan 19 Maret 1903 sebagai hari lahir WR Supratman.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar