Dicari Pemasok Obat yang Bisa Kasbon

Dicari Pemasok Obat yang Bisa Kasbon
Dicari Pemasok Obat yang Bisa Kasbon

jpnn.com - TAWANG – Direktur RSUD dr Soekardjo, H Wasisto Hidayat mengatakan, dirinya kini sedang berusaha keras mencari supplier (pemasok) obat yang  mau dihutang, untuk memenuhi kebutuhan obat di Rumah Sakit terbesar di Kota Tasikmalaya tersebut.

“Ya saya lagi berusaha melobi ke sana-kemari untuk mencari pemasok obat yang bisa dikasbon (dihutang, red). Sebab kita sekarang tidak ada dana bagi pembayaran obat,” ujarnya saat ditemui Radar Tasikmalaya (Grup JPNN),kemarin (26/2).

Dia membeberkan, uang hasil pinjaman Pemerintah Kota Tasikmalaya ke bank sebesar Rp 1 Miliar sudah habis digunakan membayar tunggakkan obat kepada pemasok obat sebelumnya.

“Itu tidak cukup untuk melunasi semua hutang obat kepada pemasok. Jadi kita masih mencari pemasok yang mau dihutang,” tuturnya.

Wasisto menjelaskan, dari 100 rekanan obat saat ini hanya ada 40 yang masih mengirim obat ke RSUD. Itupun sebagian sudah ada yang mengancam tidak akan mengirim lagi, karena belum mendapat pembayaran darinya.

“Apalagi saat ini yang membuat beban semakin berat yakni pasien layanan jaminan kesehatan mengambil obat dari luar kemudian kuitansinya diklaimkan ke RSUD. Karena obat yang dicari tidak ada di rumah sakit,” tuturnya.

Menurutnya, dari seluruh pemasok obat yang ada. 60 persen diantaranya sudah berhenti mengirim obat, terutama jenis narkotika untuk keperluan operasi bedah seperti obat bius, obat cuci darah hingga obat untuk thalasemia. Padahal obat-obatan khusus itu tidak ada di apotik, sehingga pasien akan sangat kesulitan mencari.

“Rekanan obat-obatan itu ada yang masih ngirim ada yang sudah tidak ngirim. Yang tidak ngirim hampir 60 persen. Sehingga kami sekarang bingung. Karena tiap rekanan beda supplier obatnya,” ujar dia.

TAWANG – Direktur RSUD dr Soekardjo, H Wasisto Hidayat mengatakan, dirinya kini sedang berusaha keras mencari supplier (pemasok) obat yang 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News